Cara Ganti Background Zoom di Hp dan di Laptop

Wikakrakataubeton.co.id – Buat kalian yang sering kali menggunakan aplikasi Zoom Meating harus tahu Cara Ganti Background Zoom. Ini sangat penting untuk diketahui. Dengan begitu background yang kalian gunakan tidak monoton atau tidak itu-itu saja.

Langkah-langkah Cara Ganti Background Zoom

Langkah-langkah Cara Ganti Background Zoom

Zoom adalah salah satu aplikasi yang sangat popular dalam mekanisme kerja online di masa pandemi saat ini. Selain digunakan untuk rapat kerja atau pembelajaran online, Zoom juga memungkinkan penggunanya untuk mempersonalisasi tampilan sesuai dengan keinginan.

Namun, apabila Anda merasa bosan dengan tampilan layar Zoom yang monoton dan ingin mempercantik tampilan, maka bisa mengubah background menjadi solusinya. Berikut ini adalah langkah-langkah cara ganti background Zoom:

1. Unduh aplikasi Zoom

Langkah pertama untuk mengganti background Zoom adalah dengan mengunduh aplikasi Zoom terlebih dahulu. Anda dapat mengunduh aplikasi Zoom melalui website resminya atau melalui aplikasi store Android atau iOS.

2. Login ke Zoom

Setelah berhasil mengunduh aplikasi Zoom, masukkan email dan password untuk masuk ke akun Zoom Anda dengan benar.

3. Buat atau Masuk ke Ruang Zoom

Setelah berhasil masuk ke akun Zoom, buat atau bergabung dengan ruang Zoom sesuai dengan penggunaannya misalnya untuk rapat atau webinar. Pilih Join atau Schedule Meeting.

4. Masuk ke Setting dan Pilih Background & Filters

Saat masuk ke ruang Zoom, klik icon ‘ ^ ‘ untuk membuka lebih banyak opsi dan pilih “Virtual Background”. Setelah itu, pilih opsi “Background & Filters”.

5. Pilih Salah Satu Background di Zoom

Di bagian kanan layar (di space Virtual Background), akan muncul background yang tersedia secara default. Pilih salah satu background tersebut dan klik tombol ‘Preview’ agar Anda dapat melihat bagaimana tampilannya. Pilih tombol ‘X’ jika ingin membatalkan dan pilih lagi background yang lain. Apabila memilih “None” maka tidak terdapat background pada Zoom.

6. Tambahkan Virtual Background Sendiri

Apa bila pilihan background yang tersedia secara default kurang sesuai, maka bisa menambahkan virtual background Anda sendiri. Caranya, klik “+” pada bagian kanan yang tertulis “Add Image”. Setelah itu, akan ada dua opsi untuk menambahkan background, yaitu dari perangkat Anda atau dari internet. Pilih salah satu dan klik “Add image”.

7. Lakukan Penyesuaian Dan Aktivasi Background

Setelah menambahkan background, pasang foreground “I have a green screen” jika memakai green screen, apabila tidak tinggal pilih “None”. Pastikan Anda berada di tempat yang cukup terang dan merata agar efek virtual background yang ada terlihat semakin berkelas. Langkah selanjutnya yaitu klik tombol “Apply” untuk mengaktivasi background baru tersebut.

8. Ganti Background Selama Meeting / Rapat Berlangsung

Apabila ingin mengganti background selama meeting atau rapat berlangsung, bisa mengulangi langkah nomor 3 dan selanjutnya serta memilih background yang diinginkan kembali.

Dengan beberapa langkah mudah seperti di atas, maka tampilan Zoom akan terlihat lebih menarik dan tidak lagi monoton. Selain itu, memilih background yang sesuai juga dapat membuat pengguna lebih percaya diri dan rileks saat melakukan rapat atau webinar.

Cara Memilih Background Zoom yang Cocok

Zoom telah mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengubah background selama panggilan video. Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang sering melakukan panggilan video karena mereka dapat merubah latar belakangnya untuk menghindari kesan monoton atau untuk menghindari privasi yang tidak diinginkan. Cara ini juga merupakan ide yang bagus bagi mereka yang ingin mengubah suasana selama diskusi kelompok atau presentasi dengan rekan kerja.

Zoom menawarkan opsi background virtual yang dapat dipilih selama panggilan video. Tidak perlu kepribadian maju atau teknologi informasi tingkat tinggi untuk melakukannya. Artinya, siapapun bisa melakukannya dengan mudah dan murah bagi kantong.

Untuk mulai mengubah background Zoom, caranya sangat mudah. Pertama, klik tombol “Settings” yang terletak di pojok kanan bawah layar. Setelah itu, klik “Virtual Background” di bagian kiri layar untuk mengakses berbagai background yang tersedia. Setelah anda mengklik, akan ada beberapa opsi yang terlihat, seperti “None”, “Blur”, dan “Virtual Background”.

Opsi “None” berarti tidak ada background atau Anda menggunakan latar belakang asli ruangan Anda sendiri. “Blur” adalah opsi dimana Zoom secara otomatis mengaburkan latar belakang Anda. Opsi ketiga, “Virtual Background”, adalah opsi yang paling populer. Ini memungkinkan Anda untuk memilih latar belakang video virtual yang berbeda-beda sesuai keinginan Anda.

Setelah Anda memilih opsi Virtual Background, beberapa gambar atau video virtual yang tersedia akan muncul. Ada banyak opsi, mulai dari pola-pola simpel, gambar latar belakang yang menarik perhatian, hingga video klip yang menampilkan pemandangan yang tenang dan damai.

Zoom juga menawarkan opsi untuk mengunggah gambar Anda sendiri sebagai latar belakang virtual. Jadi, jika Anda ingin menggunakan foto wallpaper favorit Anda atau bahkan ASMR video dari hobi Anda, semuanya dapat dilakukan.

Tidak mengetahui bagaimana cara mengubah background Zoom memang terkadang tampak menakutkan. Tetapi, Zoom telah membuat proses ini semudah mungkin untuk semua orang. Jangan takut untuk mencoba dan menjelajahi opsi berbeda untuk menemukan yang terbaik untuk Anda. Jadikan proses ini sebagai waktu yang menyenangkan dan jangan ragu untuk berkreasi dengan latar belakang video virtual.

Cara Menambahkan Background Baru

Menambahkan Background Baru

Zoom memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan latar belakang (background) dalam pengaturan zoom. Dalam opsi background Zoom, terdapat beberapa gambar atau video yang telah disediakan oleh aplikasi zoom itu sendiri. Namun, terkadang pengguna merasa tidak puas dengan pilihan latar belakang yang disediakan, mereka ingin menampilkan gambar atau video mereka sendiri sebagai latar belakang Zoom. Berikut cara menambahkan background baru di Zoom

Pertama-tama, pengguna harus membuka aplikasi zoom di perangkat mereka. Setelah membuka aplikasi Zoom, pengguna harus login ke akun Zoom mereka. Jika belum memiliki akun, pengguna harus membuat akun Zoom terlebih dahulu. Setelah masuk ke akun, pengguna akan menemukan opsi Virtual Background di pengaturan zoom.

Untuk menambahkan background baru, pengguna hanya perlu menekan tombol “+” yang terdapat pada opsi Virtual Background. Tombol “+” ini akan membawa pengguna ke menu “Add Image/Video”. Pengguna harus memastikan bahwa file background yang hendak digunakan sudah ada di komputer atau perangkat yang digunakan. Setelah itu, pengguna dapat memilih file background yang ingin digunakan.

Jika file yang ingin digunakan tidak terdapat di perangkat pengguna, pengguna bisa men-download file tersebut terlebih dahulu. Pastikan ukuran file tidak terlalu besar agar tidak membebani koneksi internet saat dibuka di aplikasi Zoom. Ukuran maksimum yang diizinkan adalah 5MB.

Ketika telah memilih gambar atau video yang ingin digunakan, pengguna harus memastikan bahwa gambar tersebut memiliki format yang sesuai. Format yang didukung oleh Zoom adalah seperti gambar “jpeg, jpg, png”, sedangkan untuk format video yang didukung Zoom adalah “mp4”.

Jangan lupa untuk memperhatikan komposisi gambar atau video yang digunakan. Pastikan bahwa gambar atau video tersebut tidak mengandung unsur yang tidak pantas untuk ditampilkan dalam kegiatan online. Selanjutnya, pengguna dapat menekan tombol “Add” untuk menambahkan gambar baru ke Virtual Background.

Selamat, pengguna telah berhasil menambahkan background baru ke aplikasi Zoom mereka. Pengguna sekarang dapat menggunakannya sebagai latar belakang Zoom mereka seperti menggunakan latar belakang bawaan yang telah disediakan oleh Zoom.

Cara Ganti Background Zoom dengan Gambar

Jika kamu bosan menggunakan background standar pada Zoom, kamu dapat menggantinya dengan gambar favoritmu. Berikut cara ganti background Zoom dengan gambar:

Langkah pertama untuk mengganti background Zoom dengan gambar adalah dengan meng-upload gambar yang ingin dijadikan background. Kamu dapat melakukannya dengan klik tombol “Add Image” di bagian pengaturan Virtual Background dari Zoom.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum meng-upload gambar, yaitu ukuran ideal gambar. Ukuran ideal untuk gambar adalah 1280 x 720 piksel. Jikalau gambar yang ingin di-upload tidak memiliki ukuran yang sesuai, kamu dapat melakukan cropping atau penggabungan dengan aplikasi editing foto.

Setelah gambar telah di-upload dan disesuaikan ukurannya, kamu dapat langsung memilih gambar tersebut sebagai background Zoom.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah mengganti background Zoom dengan gambar favoritmu. Selain itu, kamu juga dapat mengganti background Zoom dengan video atau memilih background default yang sudah ada di Zoom.

Mengubah Background Zoom dengan Mudah

Saat ini, Zoom menjadi salah satu aplikasi yang paling sering digunakan untuk melakukan video conferencing, baik untuk kepentingan bisnis maupun untuk kepentingan pribadi. Namun, kadangkala kita ingin mengubah background pada saat sedang melakukan meeting, misalnya untuk menghilangkan kepenatan atau bisa juga untuk menjaga privasi. Berikut ini adalah cara ganti background zoom secara mudah dan cepat.

Masuk ke Zoom

masuk ke zoom

Pertama-tama, pastikan Anda sudah masuk ke platform Zoom. Jika belum, silahkan unduh aplikasi Zoom dan daftar atau login jika sudah mempunyai akun Zoom.

Pilih “Backgrounds and Filters”

pilih background zoom

Selanjutnya, ketika Anda masuk ke Zoom, di bagian bawah layar akan ada beberapa menu disertai ikon-ikonnya. Cari menu “Backgrounds and Filters”, menu yang berada di sebelah ikon video, lalu klik menu tersebut.

Pilih Background yang Diinginkan

pilih backgrounds yang diinginkan

Setelah Anda klik “Backgrounds and Filters”, akan muncul beberapa pilihan background yang sudah disediakan oleh Zoom. Anda bisa memilih background yang tersedia atau Anda juga bisa memilih gambar pada file yang tersimpan di PC.

Atur Background sesuai Keinginan

atur background zoom

Selanjutnya, setelah memilih background yang diinginkan, atur bagian brightness dan contrast untuk mendapatkan tampilan background yang sesuai dengan yang diinginkan. Setelah terlihat pas, maka klik button “Apply”.

Background Zoom Telah Berhasil Diganti!

Setelah mengikuti langkah-langkah diatas, background Zoom Anda telah berhasil diganti. Sekarang Anda bisa melakukan video conferencing dengan background yang baru dan pastinya akan lebih menyenangkan!

Demikian cara ganti background zoom dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam melakukan video conferencing dengan lebih menyenangkan dan nyaman.

Cara Memilih Background yang Tepat

Zoom telah menjadi platform untuk berbagai jenis meeting, dari meeting formal hingga meeting informal seperti rapat teman-teman. Saat menggunakan Zoom, salah satu hal penting untuk diperhatikan adalah tampilan background atau latar belakang yang dipakai.

Background yang dipilih dapat mempengaruhi suasana meeting dan juga memberikan kesan pada pemirsa. Oleh karena itu, pastikan memilih background yang tepat untuk menciptakan suasana yang nyaman dan memudahkan orang lain untuk fokus pada diri Anda selama meeting.

Pertimbangkan Tujuan Meeting

Sebelum memilih background, pertimbangkan tujuan dari meeting tersebut. Jika meeting tersebut adalah untuk presentasi atau diskusi tentang proyek tertentu, pilihlah background yang berkaitan dengan topik pembicaraan agar dapat memberikan kesan profesional dan dapat membantu pemirsa lebih mudah memahami apa yang Anda sampaikan.

Perhatikan Warna Background

Warna background juga mempengaruhi suasana dan suasana hati orang yang melihat. Oleh karena itu, pilihlah warna yang tepat untuk meeting tersebut. Jika meeting-nya adalah meeting formal, seperti interview pekerjaan, pilihlah background warna netral seperti putih atau biru tua. Namun, jika Anda mengadakan meeting informal, Anda dapat memilih warna background yang lebih cerah seperti kuning atau oranye agar suasana hati orang yang melihat lebih ceria.

Perhatikan Kualitas Gambar

Kualitas gambar yang dipakai untuk background juga harus diperhatikan agar tidak mengganggu atau menghilangkan fokus pemirsa. Pastikan gambar yang dipilih memiliki resolusi yang cukup tinggi agar gambar terlihat jelas dan tidak pecah-pecah pada saat meeting. Jangan memilih gambar background yang terlalu berwarna-warni atau rumit karena dapat mengalihkan perhatian dari diri Anda selama meeting.

Hindari Background yang Berlebihan

Pilihlah background yang sederhana dan tidak terlalu ramai. Hindari background yang memiliki banyak elemen atau terlalu banyak warna, karena hal tersebut dapat membuat pemirsa merasa mudah bosan atau tidak nyaman selama meeting. Sesuaikan background dengan suasana hati dan topik yang akan dibahas, jangan membuat background yang berlebihan yang akan mengganggu pemirsa dan membuat kesan kurang profesional.

Pilih Background yang Tidak Membuat Pemirsa Terganggu

Pilihlah background yang tidak memicu sensor mata pemirsa. Terkadang ada background yang sangat bergerak atau berkedip yang dapat membuat pemirsa jadi keras kepala. Selain itu, jangan memilih gambar atau background yang dapat memicu pemirsa menjadi terganggu dan tidak fokus pada meeting Anda.

Sesuaikan Dengan Profesi dan Karakter Anda

Sesuaikan pilihan background dengan karakter dan profesi Anda. Jika Anda merupakan guru maka jika memungkinkan pilihlah background dengan cita-cita untuk mengajarkan murid Anda agar motivasi belajar anak didik Anda meningkat. Jika Anda seorang profesional, gunakan background yang memberikan kesan profesional agar dapat meningkatkan kepercayaan dan rasa hormat pemirsa pada diri Anda.

Pilihlah background yang tepat dengan memperhatikan beberapa hal di atas. Selain membantu meningkatkan profesionalisme saat meeting, background yang tepat juga dapat memberikan kesan yang baik pada pemirsa. Jangan takut untuk eksperimen dan mencoba berbagai macam background untuk menemukan yang paling cocok untuk Anda bahkan mungkin yang sesuai dengan trend saat ini.

Kombinasikan Dengan Fungsi Lain

Virtual background Zoom adalah salah satu fitur yang paling banyak digunakan oleh pengguna Zoom dalam kegiatan online mereka. Tidak hanya itu, fitur ini juga memiliki kemampuan untuk mengkombinasikan dengan fitur lain seperti filter wajah dan aksesori. Anda dapat menambahkan kesenangan pada meeting atau acara virtual hanya dengan menggabungkan beberapa fungsi tersebut.

Fitur Pada Aplikasi Zoom Meating

Ada beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh aplikasi zoom, jika Anda ingin tahu atau ingin mengenali fitur yang kami maksud silakan simak apa yang akan kami jelaskan di bawah.

Filter Wajah

filter wajah zoom

Filter wajah adalah fitur yang sangat keren dan dapat membuat pertemuan atau acara virtual Anda menjadi lebih menyenangkan. Anda bisa memakai topeng, lho! Filter ini juga memiliki mode Beauty yang akan membantu mengedit tampilan wajah Anda dengan membuat tampilan kulit lebih mulus dan halus.

Aksesori

aksesori zoom background

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengakses fitur aksesori yang tersedia di Zoom. Dengan aksesori ini, Anda dapat mengubah latar belakang Zoom Anda lebih hidup dan lebih kreatif. Aksesori ini dapat diunduh secara gratis dari Zoom, dan Anda dapat memodifikasinya sesuai dengan keinginan Anda.

Musik

musik zoom

Tidak hanya itu, Zoom juga dapat dipadukan dengan musik. Anda dapat memutar file musik yang terdapat di dalam Zoom terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat memulai pertemuan atau acara virtual Anda dengan bersama-sama memutar musik!

Screenshot

screenshot zoom

Jika anda ingin menyimpan moment tertentu pada saat meeting, anda dapat memanfaatkan fitur screenshot yang ada pada Zoom. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas gambar yang keluar karena screenshot Zoom memiliki kualitas yang baik dan jelas.

Fitur Kolaborasi

fitur kolaborasi zoom

Zoom juga memiliki fitur kolaborasi yang membuat Anda dapat bekerja bersama-sama dalam pertemuan online. Dalam fitur ini, Anda dapat berbagi tampilan layar Anda yang dapat diedit bersama-sama dan bisa mempresentasikan ide Anda di depan orang banyak.

Fitur Anotasi

fitur anotasi zoom

Fitur anotasi pada Zoom memungkinkan Anda untuk bekerja secara lebih efisien dalam meeting online. Anda dapat menambahkan catatan atau menandai bagian dari tampilan layar secara real time. Fitur ini sangat membantu dalam mempresentasikan ide-ide Anda.

Fitur Perekaman

fitur perekaman zoom

Zoom juga menawarkan fitur perekaman yang akan sangat berguna apabila Anda ketinggalan saat meeting. Dengan fitur perekaman ini, Anda bisa merekam sidang virtual Anda dan melihat rekaman ulang kapan saja. Ini bisa membantu saat Anda membutuhkan rincian penting dari meeting online sebelumnya.

Penutup

Hanya itu saja yang bisa kami jelaskan dan juga bagikan kepada Anda. Dengan Anda menyimak dan juga membaca Cara Ganti Background Zoom yang mana sudah kami jelaskan di atas. Maka kami harap Anda bisa paham dan bisa mengetahui bagaimana caranya.

Artikel Lainnya

2 pemikiran pada “Cara Ganti Background Zoom di Hp dan di Laptop”

Tinggalkan komentar