Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth, Ternyata Mudah!

Wikakrakataubeton.co.id – Kalau Anda ingin tahu bagaimana Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth, maka sudah sangat tepat Anda membaca artikel ini. Sebab kami akan informasikan bagaimana caranya kepada Anda yang memang ingin tahu.

Saat ini, teknologi Bluetooth telah menjadi salah satu fitur yang paling lazim ditemui pada perangkat elektronik, terutama smartphone.

Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan pengiriman data seperti dokumen, musik, dan aplikasi ke perangkat lain. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth.

Mengirim aplikasi melalui Bluetooth sangat berguna ketika Anda ingin berbagi aplikasi yang sudah dipasang ke perangkat lain. Bisa juga Anda ingin memasang aplikasi di perangkat lain tanpa perlu mengunduh dari Play Store. Yuk, simak cara-caranya berikut ini.

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth dengan Android

Untuk mengirim aplikasi lewat Bluetooth dengan Android, dibutuhkan dua perangkat yang sudah terhubung melalui Bluetooth. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Aktifkan Bluetooth

Pastikan Bluetooth di kedua perangkat sudah aktif dan terhubung satu sama lain. Buka pengaturan, lalu pilih “Bluetooth” dan aktifkan fitur “Bluetooth”.

2. Pilih Aplikasi

Pilih aplikasi yang ingin Anda kirim ke perangkat lain. Aplikasi tersebut dapat Anda temukan pada “Menu” atau “Laci Aplikasi”.

3. Pilih “Bagikan”

Setelah memilih aplikasi, pilih opsi “Bagikan”. Biasanya, opsi ini terdapat pada menu tiga titik di sebelah kanan atas. Selanjutnya, pilih opsi “Bluetooth”.

4. Kirim Aplikasi via Bluetooth

Setelah memilih opsi Bluetooth, pilih perangkat tujuan yang sudah terhubung. Tunggu beberapa saat sampai proses pengiriman selesai.

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth dengan iPhone

Untuk mengirim apk lewat Bluetooth dengan iPhone, langkah-langkahnya sedikit berbeda dengan Android. Di bawah ini adalah cara-caranya.

1. Aktifkan Bluetooth

Aktifkan Bluetooth di kedua perangkat. Buka pengaturan, lalu pilih “Bluetooth” dan aktifkan fitur “Bluetooth”.

2. Buka Aplikasi App Store

Buka aplikasi App Store di iPhone Anda. Cari aplikasi yang ingin Anda kirim.

3. Pilih “Bagikan”

Setelah menemukan aplikasi yang ingin Anda kirim, pilih opsi “Bagikan” yang biasanya terdapat pada menu tiga titik di sebelah kanan atas.

4. Pilih “Bluetooth”

Pilih opsi Bluetooth pada opsi Bagikan. Pilih perangkat tujuan yang sudah terhubung via Bluetooth. Tunggu beberapa saat sampai proses pengiriman selesai.

Alternatif Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth

Berikut ini adalah alternatif cara kirim Aplikasi Lewat Bluetooth yang dapat Anda gunakan.

1. Melalui Aplikasi File Manager

Anda dapat mengirim aplikasi lewat Bluetooth melalui aplikasi file manager yang sudah dipasang di perangkat Anda. Caranya, buka aplikasi file manager yang sudah terpasang pada perangkat, pilih ikon aplikasi, lalu pilih opsi “Bagikan via Bluetooth”.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Shareit, Xender, atau Superbeam untuk mengirim aplikasi lewat Bluetooth. Download aplikasi yang diinginkan dari Play Store, pasang, dan ikuti langkah-langkahnya.

FAQs

1. Apa yang harus dilakukan jika Bluetooth tidak terhubung?

Pastikan Bluetooth di kedua perangkat sudah aktif dan sedang bersiap untuk dihubungkan. Pastikan kedua perangkat dapat saling terlihat, dan jangan lupa memasukkan kode pin Bluetooth (jika diminta).

2. Apakah aplikasi harus sudah terpasang di kedua perangkat?

Ya, aplikasi harus terpasang di kedua perangkat yang saling terhubung melalui Bluetooth.

3. Apakah ada batasan ukuran file yang dapat dikirim melalui Bluetooth?

Ya, ada batasan ukuran file yang dapat dikirim melalui Bluetooth. Secara umum, batasan maksimal ukuran file adalah 100 MB.

Postingan Terkait

Kesimpulan

Itulah cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth pada perangkat Android dan iPhone. Menggunakan Bluetooth memudahkan Anda untuk berbagi berbagai jenis file, termasuk aplikasi. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar